RSS

Pahlawan Dimasa Dulu dan Kini

Pahlawan,kira-kira apa yang ada di benak kalian mendengar kata tersebut ?perjuangan ?orang yang berjuang? Atau 10 November ?ataukah pahlawan adalah orang yang lebih mementingkan kepentingan kebersamaannya dari pada kepentingan diri sendiri dan rela mengorbankan harga dirinya demi kebahagian bersama.
Secara etimologi kata "pahlawan" berasal dari bahasa Sanskerta "phala", yang bermakna hasil atau buah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.Pahlawan adalah seseorang yang berpahala yang perbuatannya berhasil bagi kepentingan orang banyak. Perbuatannya memiliki pengaruh terhadap tingkah laku orang lain, karena dinilai mulia dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat bangsa atau umat manusia.

Dalam bahasa inggris pahlawan disebut "hero" yaitu suatu sosok legendaris dalam mitologi yang dikaruniai kekuatan yang luar biasa, keberanian dan kemampuan, serta diakui sebagai keturunan dewa. Pahlawan adalah sosok yang selalu membela kebenaran dan membela yang lemah. Dalam cerita perwayangan dikenal tokoh Arjuna dari Pandawa dinilai sebagai pahlawan yang membela kebenaran dan keadilan. Pahlawan juga dipandang sebagai orang yang dikagumi atas hasil tindakannya, dan sifat mulianya, sehingga diakui sebagai contoh dan tauladan. Pahlawan sering dikaitkan dengan keberhasilan dalam prestasi gemilang dalam bidang kemiliteran. Pada umumnya pahlawan adalah seseorang yang berbakti kepada masyarakat, negara, bangsa dan atau umat manusia tanpa menyerah dalam mencapai cita-citanya yang mulia, sehingga rela berkorban demi tercapainya tujuan, dengan dilandasi oleh sikap tanpa pamrih pribadi.Seorang pahlawan bangsa yang dengan sepenuh hati mencintai negara bangsanya sehingga rela berkorban demi kelestarian dan kejayaan bangsa negaranya disebut juga sebagai patriot.
Pada zaman modern seperti ini, apakah kita masih bisa menemukan banyak pahlwan? Pahlawan bukan hanya orang yang berjuang di medan pertempuran tapi juga orang yang berjasa terhadap suatu bidang seperti apoteker dalam bidang kefarmasian, guru sebagai pahwlawan tanpa tanda jasa dan masih banyak lagi lainnya dimana hal tersebut postif serta menghasilkan sesuatu bagi masyarakat dilingkungan sekitarnya,.

Berbicara tentang pahlawan, pasti kita tak lupa tentang hari pahlawan yang tepat jatuh pada tanggal 10 November. Pada tanggal tersebut kita tidak hanya melakukan suatu perayaan melainkan juga menghargai, mengenang serta menteladani bukan saja menerapkannya pada hari tersebut melainkan setiap hari. Bagaimana pada saat itu pahlawan kita berjuang demi bangsa ini sampai kita para generasi muda bisa mempertahankannya bukan disia-siakan untuk hal-hal yang negative. Kita juga harus bisa menjadi seorang pahlawan di masa kini, bila dulu berperang melawan penjajah pada masa kini kita harus berjuang melawan kebodohan serta kemiskinan yang saat ini masih banyak di Indonesia. Jika kita belum merasa menjadi seorang pahlawan jadilah seorang pahlawan dalam hal apapun akan tetapi dalam konteks positif dan jadikanlah hari pahlawan ini moment intropeksi diri dan membenahi kualitas sumber daya manusia kita, sehingga mempunyai jiwa dan karakter dan karakter seorang pahlawan bagi keluarga, lingkungan, masyarakat dan negara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Desa Sugi Waras mengatakan...

ngepos tu minta izin wkwkwkwkw

Posting Komentar